Pembuatan Pestisida Organik/Alami dengan Serai (Andropogan nardus)



Termasuk suku "Gramineae", membentuk rumpun yang padat, batangnya kaku dan pendek, bentuk daunnya seperti pita yang meruncing ke ujung, menghasilkan minyak serai, bonggol batang yang muda digunakan sebagai penyedap berbagai masakan; "Andropogon nardus"

Serai (Andropogan nardus)

Tanaman serai, selain bermanfaat sebagai bumbu masak, juga berpotensi digunakan sebagai pestisida nabati. Daun dan batangnya jika dihaluskan dan ditambahkan air dapat langsung diaplikasikan untuk mengendalikan ulat atau kutu daun. Bau dari tanaman serai sangat tidak disukai oleh tikus. Karena itu, serai yang ditanam dibedengan sawah dapat menghambat serangan tikus.

Untuk mengolah bagian tanaman ini menjadi pestisida organik adalah memiliki berbagai cara atau metode. Cara mengolah serai pestisida organik
untuk mengendalikan hama tanaman dapat dilakukan dengan metode fermentasi terlebih dahulu atau metode sederhana yaitu perendaman.  Langkah sederhana membuat pestisida organik dapat dimulai dari menghaluskan (tumbuk,blender)bagian daun dan batang.
Setelah seluruh bagian benar-benar halus, lanjutkan dengan merendam (direndam) dalam air bersih, dengan perbandingan 2 ons / 200 gr bahan : 10 Liter air. Lakukan perendaman selama 24 jam, sebelum aplikasi sebaiknya saring endapan terlebih dahulu, Aplikasi untuk tanaman dilakukan dengan cara penyemprotan.