Pembuatan Pestisida Organik/Alami dengan Mindi

Daun, bunga, dan buah
Mindi adalah tanaman pohon dari famili Meliaceae. Mindi juga dikenal sebagai renceh (Sumatera) dan gringging, mindi, cakra-cikri (Jawa).

Mindi adalah pohon yang bercabang banyak dan kulit batang yang berwarna coklat tua. Batangnya silindris, dan tidak berbanir. Kulit batangnya warnanya abu-abu coklat, beralur membentuk garis-garis dan bersisik. Daunnya majemuk menyirip ganda yang tumbuh berseling dengan panjang 20-80 cm, sedangkan anak daunnya berbentuk bulat telur bergerigi dan berwarna hijau tua di bagian permukaan atas. Bunganya majemuk, dalam malai yang panjangnya 10-20 cm, yang keluar dari ketiak daun. Panjang malai 10-22 cm, dan berkelamin dua, yakni bunga jantan dan betina terletak di pohon yang sama. Daun mahkotanya berjumlah 5, panjangnya 1 cm, warnanya ungu pucat, dan berbau harum. Buahnya berjenis buah batu dan jika masak, warnanya coklat kekuningan. Tumbuhan ini cepat bertumbuh, dalam 2 tahun, tinggi tumbuhan ini mencapai 4-5 meter.
Berikut ini adalah musim berbunga di setiap tempat di beberapa provinsi di Indonesia:

Jawa Barat  Jawa TimurNusa Tenggara Barat
Maret-Mei     Juni-November    Juni dan September

Kandungan dan Manfaat
Kulit batang dan kulit akar mindi kecil mengandung toosendanin, margoside, kaemferol, resin, tannin dan trirterpene kulinone sehingga dapat digunakan menyembuhkan cacingan dan hipertensi. Namun, kulit akar tumbuhan ini bersifat beracun dan bisa merangsang muntah. Tumbuhan lain, yakni mindi kecil sering menggantikan mimba. Tapi, manfaat mimba sendiri lebih luas ketimbang mindi.
Menurut penelitian, sifat antelmintik (menghilangkan cacing) bekerja lebih lama ketimbang santonin. Selain itu, infus kulit kayu tumbuhan ini membuat cacing kremi dari tikus lumpuh. Toosendanin tumbuhan ini juga menimbulkan depresi pernafasan.
Kandungan bahan aktif pada daun mindi adalah flavone glicoside, quercitrin, dan kaemferol, selain itu daun tumbuhan ini mengandung protein yang tinggi yang bersifat insektisidal dan bersifat penolak terhadap nematoda. Mindi kecil juga terbukti dapat menekan penyakit bengkak akar yang disebabkan oleh Meloidogyne spp. pada tanaman tomat.


Pembuatan Pestisida Organik/Alami dengan Mindi
Pestisida nabati mindi efektif untuk mengusir belalang.

Rendaman biji mindi segar dapat mengendalikan ulat kubis Plutelia xylostella. Cara pestisida nabati mindi adalah sebagai berikut:
- Rendam 150 g daun mindi pucuk segar dalam 1 liter air selama 24 jam.
- Saring larutan/cairan hasil perendaman tersebut dengan kain halus dan hasil penyaringan semprotkan ke pertanaman.